Network Security di STMIK AL-FATH merujuk pada program studi yang fokus pada keamanan jaringan komputer. Program ini dirancang untuk melatih mahasiswa dalam melindungi sistem, data, dan infrastruktur jaringan dari ancaman keamanan seperti serangan siber, peretasan, pencurian data, dan ancaman lainnya.

  1. Keamanan Jaringan: Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar keamanan jaringan, termasuk pemahaman tentang ancaman keamanan yang umum, kerentanan jaringan, dan serangan yang sering terjadi. Mereka juga akan mempelajari teknik dan alat untuk mengamankan jaringan, seperti firewall, VPN (Virtual Private Network), IDS (Intrusion Detection System), dan IPS (Intrusion Prevention System).
  2. Keamanan Sistem: Mahasiswa akan mempelajari cara melindungi sistem operasi dan perangkat lunak dari serangan. Mereka akan mempelajari teknik pengamanan seperti konfigurasi keamanan, penerapan pembaruan perangkat lunak, manajemen akses pengguna, dan kebijakan keamanan.
  3. Kriptografi: Mahasiswa akan diperkenalkan pada prinsip-prinsip kriptografi, yang melibatkan pengamanan data melalui enkripsi dan dekripsi. Mereka akan mempelajari algoritma kriptografi, protokol keamanan, dan aplikasi kriptografi dalam keamanan jaringan.
  4. Manajemen Keamanan: Mahasiswa akan mempelajari konsep dan praktik manajemen keamanan, termasuk identifikasi risiko, analisis risiko, perencanaan keamanan, pengelolaan insiden keamanan, dan kebijakan keamanan. Mereka akan memahami pentingnya manajemen keamanan yang efektif untuk menjaga integritas dan kerahasiaan data.
  5. Etika dan Hukum Komputer: Mahasiswa juga akan mempelajari aspek-etika dan hukum terkait dengan keamanan jaringan dan serangan siber. Mereka akan memahami tanggung jawab dan kewajiban profesional dalam menjaga privasi, integritas, dan keamanan sistem informasi.

 

Selama program studi Network Security di STMIK AL-FATH mahasiswa akan terlibat dalam proyek-proyek praktis yang memungkinkan mereka untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari. Mereka juga dapat mengikuti pelatihan dan sertifikasi industri terkait keamanan jaringan untuk meningkatkan kualifikasi mereka akan memiliki pemahaman yang mendalam tentang keamanan jaringan dan keterampilan yang diperlukan untuk melindungi sistem dan infrastruktur jaringan dari ancaman keamanan. Mereka dapat bekerja sebagai spesialis keamanan jaringan, administrator keamanan, konsultan keamanan, atau memulai usaha sendiri dalam bidang keamanan.

 

Open chat
1
Need Help? Chat with us
Scan the code
Hi! Selamat datang di STMIK AL-FATH